Wing Kirby Walking

Pages

Selasa, 07 Mei 2013

cara menjaga hutan lindung

 kita sebagai manusia yang perlu kita lakukan adalah merawat hutan lindung itu agar tidak terjadi apa- apa kepada hutan lindung itu. Dan cara- cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga hutan lindung itu adalah dengan cara:

Penanaman Kembali Hutan-hutan yang Gundul

Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul disebut juga reboisasi. Reboisasi dilakukan melalui gerakan menanam pohon di tanah gundul, lereng gunung, dan di lingkungan sekitar. Apalagi karena hutan lindung befungsi sebagai pengatur air, pencegah banjir dan erosi, serta pemelihara kesuburan tanah. Dengan reboisasi, air hujan tidak langsung mencapai tanah. Rimbunnya daun pepohonan akan menahan air. Ketika air mencapai tanah, air akan masuk ke dalam tanah dan diserap oleh akar tumbuhan.


 Membuat Sengkedan

Di daerah pegunungan, biasanya, petani membuat sengkedan. Sengkedan disebut juga terasering, yaitu tanah bertingkat. Sengkedan dibuat di tanah-tanah yang miring, seperti di daerah pegunungan. Sengkedan bertujuan menahan pengikisan tanah. Sengkedan membuat gerak air yang deras menjadi berkurang. Jadi, erosi atau pengikisan tanah tidak terjadi.


Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan bertujuan mencegah banjir. Parit yang banyak sampah atau saluran-saluran air yang tersumbat sampah dapat menyebabkan banjir. Oleh karena itu, kita harus membuang sampah pada tempatnya. Tetapi jikalau kita tidak memperhatikannya dan hanya membuang sampah sembarangan contohnya membuang sampah di jalan, atau jugfa membuang sampah disungai, akan terjadi banjir. Banjir terjadi karena saluran air tersumbat. Selain itu, jika tidak ada daerah resapan air juga dapat menyebabkan banjir.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright (c) 2010 pelestarian hutan lindung and Powered by Blogger.